9 kemampuan yang wajib dimiliki oleh marketing

Dunia marketing bisa sangat menarik jika Anda menyukainya. Bidang ini menawarkan ruang berkreasi yang tak terbatas. Anda dituntut untuk bisa berpikir out of the box agar bisa memasarkan suatu produk. Selain itu, bidang ini juga cocok untuk Anda yang suka tantangan. Anda akan merasa sangat puas setiap kali bertahan di bawah tekanan waktu, memenuhi permintaan klien yang bermacam-macam dan menaklukan proyek sesuai rencana.

Jika Anda benar menyukai marketing, cobalah berkarier di bidang ini. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami pekerjaan Anda kelak dan berikut adalah 9 kemampuan marketing yang wajib dimiliki :

1. Kemampuan berkomunikasi 

Dalam dunia marketing, Anda akan bertemu dan bicara dengan banyak orang dari berbagai level. Penyampaian strategi, pemikiran dan proses pengerjaan dengan cara yang tepat adalah kunci kesuksesan Anda. Pastikan Anda menguasai keterampilan berkomunikasi sehingga klien bisa memahami dan menerima usulan yang disampaikan. Jika merasa tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik maka fokus lah mencari leads serahkan proses yg membutuhkan komunikasi langsung pada Team anda yang lain.. 

 

2. Kemampuan publik speaking 

Saat mendapat proyek seperti kampanye dan inisiasi pemasaran baru, Anda akan ditantang untuk menyampaikan ide kepada klien. 
Maka.. Anda harus memiliki keahlian berbicara di depan umum. Anda harus percaya diri saat berbicara di depan “penonton”. Anda juga harus siap menghadapi pertanyaan spontan yang disampaikan di ruangan. Jika merasa tidak miliki kemampuan publik speaking yang baik silahkan serahkan saja pada Team anda yg memiliki keahlian publik speaking yg baik Anda fokus saja dengan keahlian yg anda miliki.. 

 

3. Kemampuan menulis 

Seorang ahli pemasaran harus memiliki kemampuan menulis yang kuat, baik dalam bahasa formal maupun informal. 
Anda harus..  bisa mencetuskan tagline singkat dan mudah diingat untuk membuktikan kreativitas diri. Anda juga mesti memahami tata bahasa yang baik untuk menunjukkan diri sebagai marketer  yang baik. Jika.. Anda tidak memiliki keahlian menulis yg baik maka serahkanlah pada anggota Team anda yg memiliki keahlian dalam menulis... Kan enak tinggal copas.. wkwkwk! 

 

4. Kemampuan analisis 

Sebagai marketer, Anda harus melakukan banyak penelitian tentang target pasar. Data yang telah Anda kumpulkan harus dievaluasi untuk mendapat kesimpulan sebagai dasar untuk aksi berikutnya. Dengan demikian Anda membutuhkan kemampuan analisis yang baik. Jika.. 
Anda tidak memiliki keahlian analisis silahkan serahkan pada anggota Team anda yg memiliki keahlian analisis yang baik... Kan enak tinggal ikutin aja.. Hahaha 

 

5. Kreatifitas tinggi 

Seorang ahli marketing sebenarnya adalah inovator hebat. Anda dituntut untuk bisa menemukan ide baru yang menarik perhatian klien. Kemampuan untuk bisa berpikir out of the box adalah poin yang krusial. Jika... Anda orangnya cenderung datar jangan kan berfikir kreatif becanda aja selalu "garing" sadar diri lah untuk mempercayakan  sisi kreatifitas ini pada anggota Team yg lain... Kan enak tinggal terima hasil... Hehehe..

 

6. Keahlian negosiasi 

Negosiasi adalah keterampilan pendukung yang bisa membantu pekerjaan marketing. Anda bisa berkompromi soal budget dengan klien dan membuat kesepakatan deadline dan ekspektasi kerja dengan vendor. Kemampuan untuk membuat daya tawar yang menguntungkan akan membuat Anda sukses sebagai marketing  profesional. Tapi...  Jika kemampuan negosiasi pun anda tidak miliki maka serahkan lah sisi negosiasi pada Team anda yg lain... Jangan lakukan jika tidak yakin! 


7. Menguasai teknologi 

Anda tidak boleh ketinggalan zaman dan melewatkan teknologi terbaru yang bisa mendukung pekerjaan.
Jika...  Merasa tidak memiliki kemampuan tersebut silahkan minta bantuan Team yang lain sambil pelan pelan belajar! 


8. Managemen stress

Pekerjaan di dunia marketing bisa membuat Anda stres. Deadline yang ketat, klien yang demanding bisa membuat gugup dan melakukan kesalahan. Ketika kekeliruan Anda menimbulkan efek domino, maka satu proyek bisa kacau. Anda harus bisa mengendalikan diri agar tidak panik saat menghadapi hal tersebut. Tapi..  Jika menyadari diri mudah stres saya sarankan untuk fokus pada sisi lain dari ikhtiar marketing yaitu sisi yg tidak bertemu calon buyer secara langsung saja! 


9. Kemampuan bersyukur 

Salah satu cara menjaga konsistensi adalah dengan mensyukuri setiap pencapaian 

Alhamdulilah ... Jadi..  Masih kan ada alasan untuk tidak berpenghasilan melimpah dari profesi marketer???

Artikel Asli
Tags :

marketing

tips marketing

raudhoh properti

properti syarian